NEVER GIVE UP ON SOMETHING YOU REALLY WANT, DON'T STOP BELIEVING, PRAY AND KEEP WORK HARD !! ^^

Kamis, 26 September 2013

ALUR PROSES BENGKEL MOBIL





Nama : Titin Nurhalimah
Nim“: 1123070121
Kelas`: MKS/ III/C



Alur Proses Bengkel besar Mobil
1.   Dimulai dari proses datangnya pelanggan ke bengkel membawa kendaraan yang akan diservis, lalu oleh resepsionis di (FRONT DESK atau meja depan) di data kendaraannya biasanya mengambil nomor urut.
2. Kemudian oleh servis advisor pelanggan dilayani keluhan tentang kendaraan mereka apakah kerusakan kendaraannya yang harus diganti atau mesin mana yang harus diperbaiki.
3. Selanjutnya Servis advisor akan merinci biaya mengenai perbaikan dan alat-alat ( spare part, oli  atau bagian mesin yang harus diganti). Apabila pelanggan sudah setuju dengan harga yang ditawarkan, maka SA atau bias juga kepala bengkel akan memberi nota pengerjaan kepada mekanik.
4.  Mekanik mengerjakan servis kendaraan pelanggan sesuai nota pengerjaan dari SA atau kepala bengkel.
5.  Kendaraan diperbaiki di ruang reparasi, sedangkan pelanggan menunggu di ruang tunggu.
6.  Apabila kendaraan sudah selesai, maka mekanik akan menyerahkannya pada SA atau kepala bengkel. Lalu, SA atau kepala bengkel akan menghubungi pelanggan atau memanggilnya untuk mengecek  kendaraan mereka. Setelah pelanggan merasa puas lalu ke bagian administrasi untuk membeyar biaya servis.


contoh kasus :

Hari Minggu, Pak Fajar ingin pergi berlibur bersama keluarganya tapi naas saat akan berangkat mobilnya tidak bisa hidup walaupun bensinnya full. Ternyta mobil Pak Fajar mengalami Mobil mogok karena fuel pump rusak, Lalu pak Fajar segera pergi ke bengkel mobil terdekat dengan di derek. Ia segera menghampiri resepsionis, sayangnya banyak yang sedang servis juga Jadi ia ambil nomor urut. Lalu setelah di data oleh respsionis, dia menuju resepsionis untuk memaparkan keluhannya seputar mobilnya, lalu SA menawarkan pilihan tentang suku cadang yang akan diganti atau bagian mesin mana yang akan diperbaikin dan biayanya. Jika sudah sepakat, maka SA atau kepala bengkel akan menyerahkan nota pekerjaan untuk mobil pak Fajar diperbaiki. Kemudian, Mobil pak Fajar dibawa ke  ruang reparasi oleh mekanik untuk diperbaiki.  Sedangkan pak fajar menunggu d ruang tunggu, Setelah selesai mekanik menyerahkan mobil Pak Fajar pada SA. Dan SA pun segera meamnggil pak fajar untuk mengecek bagaimana keadaan mobilnya, lalu apabila semua sudah beres dan sukses ia segera menghadap bagian kasir untuk membayar semua biaya servis mobilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar