- Tujuan
1.
Mempertahankan
para anggota yang sudah menabung di BMT supaya semakin loyal
2. Menjaring
penabung baru yang belum pernah bersentuhan dengan BMT sehinga volume dana
masyarakat di BMT meningkat.
- Motivasi Penabung
ü Untuk
mengamankan dananya daripada disimpan dirumah atau dipinjamkan menjadi
bermasalah.
ü Mengharapkan
keuntungan / bagi hasil.
ü Agar
bisa meminjam atau sebagai salah satu syarat diterimanya permohonan pembiayaan.
ü Ingin
mendapatkan keberkahan harta karena dipandang BMT adalah lembaga keuangan
islam.
- Harapan Penabung
·
Dana yang disimpan BMT bisa aman dari
kejahatan dan ada jaminan apabila BMT mengalami kerugian ( rush ).
·
Keuntungan yang diberikan BMT minimal
sama dengan lembaga keuangan lain terdekat.
·
Setelah menabung, proses pembiayaan
tidak lama menunggu.
·
Dana masyarakat benar-benar dikelola
secara syariat.
- Kelemahan BMT
1.
Tempat penyimpanan uang ( brankas )
belum memenuhi standar, tidak ada tenaga satpam yang layak, tidak dijamin oleh
pemerintah ataupun lembaga penjamin.
2.
Tingkat keuntungan kalah bersaing dengan
lembaga keuangan lain ( BUMD / BUMN ).
3.
Kekurangan modal sehingga proses
pencairan pembiayaan menjadi lambat.
Dana
masyarakat belum optimal dikelola secara syariah
- Strategi dan Teknik Penggalangan Dana
Untuk teknik penggalangan Dana tidak
jauh berbeda dengan strategi yaitu :
1.
Teknik
Pemasaran : Dengan maksud Membuat Orang Tau adanya BMT tersebut dan mau
menggalang dana dengan jadi nasabah.
2.
Teknik
penjualan : Menarik perhatian nasabah atau investor dengan produk yang
tersedia.
1. TARGETING
Targeting
adalah upaya untuk menentukan dari pangsa pasar yang menjadi lahan garapan BMT,
mana yang akan menjadi sasaran khusus yang mau digarap secara operasional
1. Target
anggota lama : mempertahankan dana yang ada
2.
Target calon anggota baru : diperlukan
skala prioritas dengan memperhatikan faktor kekuatan dan kelemahan BMT.
Karena
BMT melayani simpanan dari siapapun maka targeting sama dengan segmentasi
2. POSITIONING
Positioning
adalah upaya untuk menjadikan BMT dipandang “beda” dengan pesaingnya, menurut
pandangan masyarakat.
1. Berbeda
karena lebih baik dari pesaing dalam segala hal atau beberapa hal.
2.
Berbeda karena sistem-nya” dengan
pesaing (aspek syari’ah, prosedur, dan operasional)
Bila
masyarakat masih memandang BMT sama dengan pesaingnya maka positioning belum
tepat.
3. DIFFERENTITION
Differentation
adalah langkah kongkret untuk menjadikan BMT memang berbeda dengan pesaing.
1. Berbeda
karena lebih baik dari pesaing dalam segala hal atau beberapa hal.
2.
Berbeda karena “Sistem-nya” dengan
pesaing (aspek syari’ah,prosedur, dan operasional)
Melakukan
diferensiasi harus terjadi pada setiap elemen takti pemasaran yang lain agar
“Beda”
4. MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN)
Marketing
Mix (Bauran Pemasaran) adalah serangkaian tindakan konkret yang saling
berkesinambungan dalam upaya menjadikan “beda” dengan pesaing.
·
Produk : Produk Simpanan dengan pesaing
: baik dalam kemasan, prosedur, maupun sebagai produk yang uniks.
·
Price : Timgkat bagi hasil harus mampu bersaing dengan pesaing, terutama
simpanan berjangka.
·
Place : dimna masyarakat bisa menabung
dengan mudah?
·
Promotion : Bagaimna promosi produk
dilakukan hingga masyarakat tahu produk BMT.
5. SELLING (PENJUALAN)
Adalah serangkaian tindakan konkrit
bagaimana produk simpanan BMT di jual ke masyarakat hingga laku.
§ Selling
Organitation : bagaimana pembagian peran kolektor , bagaimana arus pelaporan
kolektor
§ Selling
management : bagaimana proses perencanaan penjualan, prosedur, pelaksanaa nya
dan bagaimana pola pengawasannya
§ Seller
: bagaimana kualitas kolektor sebagai tenaga penjual lebih baik dalam hal
6. MARKETING STRATEGI
o
Strategi pemasaran tidak sama dengan
taktik pemasaran
o
Strategi pemasaran berbicara tentang
segemtasi, targeting, dan positioning
o
Strategi pemasaran memiliki kaitan yang
sangat erat dengan taktik pemasaran, karena strategi pemasaran memerlukan
langkah operasional yang berupa taktik pemasaran
7. MARKETING TACTIC
·
Taktik pemasaran tidak sama dengan
strategi pemasaran
·
Taktik pemasaran berbicara tentang
differensiasi, bauran pemasaran (Marketing MIX), dan penjualan (Selling)
·
Taktik pemasaran memiliki kaitan yang
sangat erat dengan strategi pemasaran, karena taktik pemasaran merupakan
langkah kongkret untuk melaksanakan strategi pemasaran.
Sumber : http://psmktsukabumi.blogspot.com/2010/07/stretegi-penghimpunan-dana-bmt.html
Sumber : http://psmktsukabumi.blogspot.com/2010/07/stretegi-penghimpunan-dana-bmt.html
BalasHapusRebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun profit,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex http://fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di http://fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : 5B47A2C9
mungkin perlu dijelaskan dulu apa itu BMT..
BalasHapus