NEVER GIVE UP ON SOMETHING YOU REALLY WANT, DON'T STOP BELIEVING, PRAY AND KEEP WORK HARD !! ^^

Selasa, 17 Juni 2014

Strategi dan Teknik Penggalangan Dana BMT

  • Tujuan
1.        Mempertahankan para anggota yang sudah menabung di BMT supaya semakin loyal
2.     Menjaring penabung baru yang belum pernah bersentuhan dengan BMT sehinga volume dana masyarakat di BMT meningkat.
  • Motivasi Penabung
ü  Untuk mengamankan dananya daripada disimpan dirumah atau dipinjamkan menjadi bermasalah.
ü  Mengharapkan keuntungan / bagi hasil.
ü  Agar bisa meminjam atau sebagai salah satu syarat diterimanya permohonan pembiayaan.
ü  Ingin mendapatkan keberkahan harta karena dipandang BMT adalah lembaga keuangan islam.
  • Harapan Penabung
·           Dana yang disimpan BMT bisa aman dari kejahatan dan ada jaminan apabila BMT mengalami kerugian ( rush ).
·           Keuntungan yang diberikan BMT minimal sama dengan lembaga keuangan lain terdekat.
·           Setelah menabung, proses pembiayaan tidak lama menunggu.
·           Dana masyarakat benar-benar dikelola secara syariat.
  • Kelemahan BMT
1.        Tempat penyimpanan uang ( brankas ) belum memenuhi standar, tidak ada tenaga satpam yang layak, tidak dijamin oleh pemerintah ataupun lembaga penjamin.
2.        Tingkat keuntungan kalah bersaing dengan lembaga keuangan lain ( BUMD / BUMN ).
3.        Kekurangan modal sehingga proses pencairan pembiayaan menjadi lambat.
Dana masyarakat belum optimal dikelola secara syariah
  • Strategi dan Teknik Penggalangan Dana
       Untuk teknik penggalangan Dana tidak jauh berbeda dengan strategi yaitu :
1.        Teknik Pemasaran : Dengan maksud Membuat Orang Tau adanya BMT tersebut dan mau menggalang dana dengan jadi nasabah.
2.        Teknik penjualan : Menarik perhatian nasabah atau investor dengan produk yang tersedia.

1.  TARGETING
Targeting adalah upaya untuk menentukan dari pangsa pasar yang menjadi lahan garapan BMT, mana yang akan menjadi sasaran khusus yang mau digarap secara operasional
1.      Target anggota lama : mempertahankan dana yang ada
2.      Target calon anggota baru : diperlukan skala prioritas dengan memperhatikan faktor kekuatan dan kelemahan BMT.
Karena BMT melayani simpanan dari siapapun maka targeting sama dengan segmentasi

2. POSITIONING
Positioning adalah upaya untuk menjadikan BMT dipandang “beda” dengan pesaingnya, menurut pandangan masyarakat.
1.      Berbeda karena lebih baik dari pesaing dalam segala hal atau beberapa hal.
2.      Berbeda karena sistem-nya” dengan pesaing (aspek syari’ah, prosedur, dan operasional)
Bila masyarakat masih memandang BMT sama dengan pesaingnya maka positioning belum tepat.

3. DIFFERENTITION
Differentation adalah langkah kongkret untuk menjadikan BMT memang berbeda dengan pesaing.
1.      Berbeda karena lebih baik dari pesaing dalam segala hal atau beberapa hal.
2.      Berbeda karena “Sistem-nya” dengan pesaing (aspek syari’ah,prosedur, dan operasional)
Melakukan diferensiasi harus terjadi pada setiap elemen takti pemasaran yang lain agar “Beda”

4.  MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN)
Marketing Mix (Bauran Pemasaran) adalah serangkaian tindakan konkret yang saling berkesinambungan dalam upaya menjadikan “beda” dengan pesaing.
·         Produk : Produk Simpanan dengan pesaing : baik dalam kemasan, prosedur, maupun sebagai produk yang uniks.
·         Price : Timgkat bagi hasil  harus mampu bersaing dengan pesaing, terutama simpanan berjangka.
·         Place : dimna masyarakat bisa menabung dengan mudah?
·         Promotion : Bagaimna promosi produk dilakukan hingga masyarakat tahu produk BMT.

5.     SELLING (PENJUALAN)
            Adalah serangkaian tindakan konkrit bagaimana produk simpanan BMT di jual ke masyarakat hingga laku.
§  Selling Organitation : bagaimana pembagian peran kolektor , bagaimana arus pelaporan kolektor
§  Selling management : bagaimana proses perencanaan penjualan, prosedur, pelaksanaa nya dan bagaimana pola pengawasannya
§  Seller : bagaimana kualitas kolektor sebagai tenaga penjual lebih baik dalam hal

6. MARKETING STRATEGI
o   Strategi pemasaran tidak sama dengan taktik pemasaran
o   Strategi pemasaran berbicara tentang segemtasi, targeting, dan positioning
o   Strategi pemasaran memiliki kaitan yang sangat erat dengan taktik pemasaran, karena strategi pemasaran memerlukan langkah operasional yang berupa taktik pemasaran

7.  MARKETING TACTIC
·         Taktik pemasaran tidak sama dengan strategi pemasaran
·         Taktik pemasaran berbicara tentang differensiasi, bauran pemasaran (Marketing MIX), dan penjualan (Selling)
·         Taktik pemasaran memiliki kaitan yang sangat erat dengan strategi pemasaran, karena taktik pemasaran merupakan langkah kongkret untuk melaksanakan strategi pemasaran.

Sumber :
http://psmktsukabumi.blogspot.com/2010/07/stretegi-penghimpunan-dana-bmt.html



2 komentar:


  1. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex http://fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di http://fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : 5B47A2C9

    BalasHapus
  2. mungkin perlu dijelaskan dulu apa itu BMT..

    BalasHapus